Haruskah Anda Mendapatkan Sertifikasi Halal Untuk Bisnis Anda Di Indonesia?

Sertifikasi Halal menjadi semakin penting dalam industri makanan, karena konsumen dan perusahaan membutuhkan jaminan bahwa produk dan bahan makanan mereka terbebas dari zat terlarang, seperti babi atau alkohol. Jika Anda ingin tahu apakah Anda harus mendapatkan sertifikasi halal untuk bisnis Anda, panduan ini dapat membantu Anda. Kita akan membahas beragam jenis sertifikasi yang perlu Anda pertimbangkan dan masing-masing fungsinya, selain itu kami juga akan membahas beberapa keuntungan penting yang akan Anda dapatkan dari memiliki sertifikasi halal.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda membutuhkan sertifikasi halal?

Apabila Anda seorang pemilik bisnis yang ingin mendapatkan sertifikasi halal dari halal MUI, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri. Apa tujuan akhir Saya dengan memiliki sertifikasi halal, dan apakah dengan mendapatkan sertifikasi halal membantu Saya mencapai tujuan tersebut? Apakah produk atau layanan Saya sesuai dengan pedoman Islam? Apakah Saya mengetahui biaya untuk mendapatkan sertifikasi halal (apakah uang tersebut tersedia dan dapat digunakan untuk biaya sertifikasi halal)? Apabila Anda menjawab semua pertanyaan dengan jawaban “YA”, maka mungkin sertifikasi halal tepat bagi bisnis Anda.

Siapa yang harus mendapatkan sertifikasi halal?

Apabila bisnis Anda merupakan bisnis muslim-friendly, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi halal. Meskipun tidak diwajibkan oleh seluruh Muslim, namun sertifikasi halal dapat menjadi aset bagi produk atau layanan Anda. Dan meskipun Anda tidak perlu mencantumkan bahwa produk Anda bersertifikat halal pada kemasan, apabila Anda mencantumkannya pelanggan akan tahu bahwa bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal itu juga memberikan kejelasan bagi mereka yang mengikuti aturan halal dan larangannya.

Apakah manfaat utama mendapatkan sertifikasi halal?

Memastikan bahwa produk Anda bebas dari produk sekunder hewani, seperti babi atau alkohol, merupakan hal yang penting. Namun, ada pertimbangan lain untuk memastikan bahwa produk Anda bersertifikasi halal. Perlu diketahui bahwa hal itu bukan pertanyaan sederhana YA atau TIDAK, faktanya, banyak perusahaan memilih tidak melakukan sertifikasi halal meskipun mereka dapat berhasil dengan mudah. Jadi, apa keuntungan sertifikasi halal bagi bisnis Anda? Mari kita lihat 3 manfaat utama mendapatkan sertifikasi halal.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang sertifikasi halal adalah sertifikasi ini sangat populer di belahan dunia tertentu. Apabila Anda ingin menjual produk Anda ke luar negeri, terutama di negara dengan mayoritas penduduk Muslim, memiliki sertifikasi halal akan sangat membantu. Hal itu dikarenakan konsumen lebih menyukai produk yang sesuai dengan persyaratan agama mereka dan banyak distributor makanan skala besar yang mensyaratkan sertifikasi halal sebelum membeli dari supplier yang lebih kecil. Singkatnya, apabila Anda ingin melakukan ekspansi ke pasar luar negeri, memiliki sertifikasi halal memberikan kesempatan yang lebih besar untuk perusahaan Anda.

Yang kedua, memiliki sertifikasi halal dapat membantu Anda membangun kepercayaan dengan pelanggan yang memperdulikan permasalahan ini. Memang benar bahwa sebagian besar pelanggan tidak peduli apakah makanan mereka di produksi sesuai dengan panduan Islam, namun mereka yang peduli cenderung akan menjadi pelanggan yang loyal. Dan meskipun tampak aneh untuk mengatakannya, namun sertifikasi halal sebenarnya juga membantu menarik pelanggan non-muslim.

Yang ketiga, memiliki sertifikasi halal membantu Anda menghemat uang. Banyak produsen pangan yang berasumsi bahwa meminta bantuan pihak ketiga untuk melakukan sertifikasi produk mereka akan menghabiskan lebih banyak biaya dan tidak sepadan dengan manfaatnya, namun seringkali hal itu tidak benar. Faktanya, melakukan sertifikasi seluruh lini produk pangan Anda dapat menghemat biaya iklan atau kampanye pemasaran.

Kesimpulan

Ketika orang-orang menjalani kehidupan mereka sehari-hari, mereka jarang mempertimbangkan apakah bisnis atau produk tertentu halal. Namun, orang-orang yang tinggal di negara atau komunitas dengan mayoritas muslim tentunya akan lebih peduli terkait produk halal dan pengaruhnya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Noura N